0
Langkah pertama adalah mencari gambar contoh yang akan dijadikan pola, saya mengunduh
gambar gunung pada situs http://www.ussartf.org untuk dijadikan pola/pallete seperti gambar
berikut ini :


















Siapkan terlebih dahulu sebuah slide kosong dan beri warna latar (background) yang sesuai
yaitu biru dengan gradasi. Lalu buat lapisan tanah selapis demi selapis menggunakan objek
shape freeform dengan diberikan texture yang sesuai dan jadikan satu grup (Ctrl+G) seperti
gambar berikut ini :











Untuk permukaan gunung yang berwarna hijau, gunakan aplikasi grafis seperti Adobe
Photoshop untuk mengiris gambar gunung yang kita unduh untuk dijadikan pola/pallete
sebelumnya untuk kemudian disisipkan kedalam slide yang telah kita sisipkan objek-objek
shape yang membentuk gambar lapisan gunung sebelumnya seperti gambar berikut ini :






Setelah itu sisipkan gambar permukaan gunung ini keatas gambar lapisan bumi yang telah
dibuat ditahapan sebelumnya seperti gambar berikut ini :













Selanjutnya kita persiapkan objek-objek animasinyaseperti yang disampaikan diatas, yaitu :

ANIMASI OBJEK MAGHMA
Sisipkan tiga buah objek shape dengan ukuran yang berbeda-beda, Posisikan secara
berhimpit dan tempatkan dilayer paling bawah seperti gambar berikut ini :















Lalu ubah properties lingkaran yang paling kecil sebagai berikut :
 Format shape -> Fill -> Solid Fill : Red
 Format shape -> Line Color : No Line
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Color : Red
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Size : 53 pt, Transparency : 60%
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Soft Edges Size : 43 pt
Lalu ubah properties lingkaran yang berukuran sedang sebagai berikut :
 Format shape -> Fill -> Solid Fill : Orange Darker 25%
 Format shape -> Line Color : No Line
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Color : Orange Darker 25%
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Size : 24 pt, Transparency : 60%
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Soft Edges Size : 0 pt
Lalu ubah properties lingkaran yang berukuran paling besar sebagai berikut :
 Format shape -> Fill -> Solid Fill : Orange Darker 25%
 Format shape -> Line Color : No Line
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Color : Orange Darker 25%
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Size : 15 pt, Transparency : 25%
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Soft Edges Size : 24 pt
Lalu jadikan ketiga objek lingkaran tersebut menjadi satu group dengan menekan tombol
Ctrl+G. Aktifkan panel animasi, lalu klik tombol Add Animation -> Emphassis ->
Grow/Shrink. Ubah properties animasi grow/shrink sebagai berikut :
 Size : 220% (pembesaran objek maghma ini dapat disesuaikan dengan ukuran gambar
gunung yang telah dibuat).
 Start : On Click
 Durations : 5 seconds

ANIMASI OBJEK KEPULAN ASAP GUNUNG
Objek kepulan asap dapat dibuat menggunakan objek shape freeform. Buat gambar kepulan
asap sesuai keinginan. Contoh adalah sebagai berikut :















Kita ubah beberapa properties objek kepulan asap ini agar membentuk objek yang
menyerupai asap sebagai berikut :
 Format Shape -> Fill -> Solid Fill : White, Darker 35%
 Format Shape -> Line Color : No Line
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Color : White Darker 35%, Size : 31
pt
 Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Soft Edges Size : 5 pt
Sehingga terbentuk objek kepulan asap baru sebagai berikut :
















Selanjutnya aktifkan panel animasi, klik Add Animation -> Fade dan ubah beberapa
properties Fade sebagai berikut :
 Start : After Previous. Artinya asap baru mulai muncul dan mengepul setelah maghma
sampai kepuncak gunung.
 Durations : 2 seconds.
Lalu klik Add Animation -> Emphassis -> Grow/Shrink dan ubah beberapa properties
Grow/Shrink sebagai berikut :
 Effect -> Size : 150%
 Autoreverse : Check
 Timing -> Start : After Previous
 Timing -> Durations : 3 seconds.
 Timing -> Repeat : Until Next Click.
Buat beberapa kepulan asap yang bentuknya berbeda warnanya sesuai dengan selera dan beri
animasi serupa sehingga terbentuk kepulan asap sebagai berikut :












ANIMASI OBJEK SEMBURAN MAGHMA DIPUNCAK GUNUNG
Buat objek semburan api menggunakan objek shape freeform seperti gambar berikut ini :


















Ubah beberapa properties berikut agar terlihat seperti semburan api :
 Fill : Gradient Fill
 Preset Color : Fire
 Line Color : No Line
 Glow and Soft Edges -> Soft Edges -> Size : 2 pt
Sisipkan animasi untuk objek semburan api ini dengan cara klik Add Animation -> Entrance
-> Fade. Ubah beberapa properties Fade sebagai berikut :
 Start : With Previous.
 Delay : 0.1 second
 Durations : 0.3 seconds
 Repeat : Until Next Click
Buat tiga buah objek api yang bentuknya berbeda tetapi dengan wana serupa serta berikan
animasi yang sama pula. Yang berbeda adalah setiap objek api memiliki nilai Delay berturutturut 0.2 dan 0.3. Sisipkan objek semburan api ini dibelakang objek kepulan asap secara
berhimpit seperti gambar berikut ini :












ANIMASI OBJEK BEBATUAN YANG TERLEMPAR DARI PUNCAK GUNUNG
Animasi terakhir adalah animasi bebatuan yang terlempar dari puncak gunung. Buat objek
bebatuan menggunakan objek shape freeform dengan bentuk beragam dan pewarnaan yang
sama dengan objek semburan api diatas seperti gambar berikut ini :















Berikan animasi untuk setiap objek batu tersebut dengan cara Add Animation -> More
Mothion Paths -> Up, lalu ubah arah masing-masingnya dengan cara Edit Point jalur
animasinya sehingga terbentuk sebagai berikut :













Atur properties setiap animasi Up bebatuan tersebut sebagai berikut :
 Up -> Effect -> Smooth Start : 1 sec
 Up -> Effect -> Smooth End : 0
 Timing -> Start : With Previous
 Timing -> Durations : 2 seconds
 Timing -> Repeat : Until Next Click
 Timing -> Delay : 0 (untuk batu berikutnya, nilai delay diubah menjadi 0.1, 0.2, 0.3,
0.4 dst sesuai dengan jumlah batu yang dibuat).
Setelah itu, jadikan semua bebatuan tersebut secara berhimpit tepat diatas puncak gunung
tersebut.

Post a Comment

 
Top